Senin, 06 Desember 2010

Mengendarai Motor dengan Baik

Zaman sekarang sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas. Korbannya terutama adalah pengendara sepeda motor. Hal ini disebabkan karena para pengendara motor tidak mematuhi peraturan yang ada, seperti tidak memakai helm sesuai SI, pengendara motor dibawah umur, kebut-kebutan,  motor ditumpangi dengan kapasitas berlebih, teleponan dan smsan di jalan serta melawan arus jalan.

Mengenai pengendara dibawah umur.... 
Saat ini, pengendara motor  dibawah umur cukup marak beredar. Padahal sebagian besar dari mereka tingginya belum cukup untuk mengendarai motor dengan baik. Mereka tidak dapat disalahkan sepenuhnya, orang tua mereka pun cukup memegang andil yang cukup besar terhadap perilaku nekad anak-anak tersebut. Mereka bukannya tidak peduli, hanya saja pemahaman mereka mengenai mengendara yang baik sangatlah kurang. Namun sebagian mereka hanya menekankan gengsi dibandingkan keselamatan mereka sendiri. Penggunaan helm yang tidak sesuai dengan ketentuan SI  sangat mempengaruhi keselamatan pengendara serta penumpangnya. Tidak hanya pengendara, namun penumpangpun harus memakai helm.





Mengenai kebut-kebutan...
kebut-kebutan biasanya dilakukan oleh anak muda yang ugal-ugalan. Kebanyakan dilakukan dengan menggunakan taruhan. kebut-kebutan tidak hanya membahayakn pengendara motor tetapi juga masyarakat sekitarnya. 


Mengenai kapasitas yang berlebih...
Banyak sekali pengendara yang tidak memperhatikan kapasitas yang diijinkan. Seperti gambar disamping. Hanya bapaknya saja yang menggunakan helm sesuai dengan ketentuan Si. sang Ibu hanya menggunakan helm setengah sedangkan parahnya, anak-anaknya tidak menggunakan helm dan hanya menggunakan topi.










Mengenai smsan dan telponan di jalan...
hal ini juga sangat membahayakan pengerandara motor. karena konsentrasi pengendara motor akan terpecah dan tidak memerhatikan jalan dengan baik.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar